Friday, February 15, 2013

Lukisan dengan Lumpur Lapindo(Holis Satriawan)

Pelukis Holis Satriawan meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas kreasi menggunakan media Lumpur Lapindo untuk kategori melukis terbanyak 100 kanvas dalam waktu sembilan jam.
"Penciptaan rekor MURI itu sebagai bentuk kepedulian kami terhadap korban Lumpur Lapindo di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur," katanya di Sidoarjo, Selasa.
Ia mengemukakan, Lumpur Lapindo nantinya akan digunakan sebagai warna dasar dalam lukisan serta dipadu dengan cat warna lain.
"Tema yang saya usung kali ini adalah ekspresionis dengan tujuan seni budaya Indonesia bisa dikenal lebih luas lagi di masyarakat," katanya.
Rencananya, Maret mendatang, seratus lukisan yang dibuatnya akan dilelang dan hasilnya akan dipersembahkan untuk korban Lapindo dan juga untuk "bedah sekolah" di Jawa Timur.
Pada kesempatan yang sama, Senior Manajer MURI, Paulus Pangka, mengatakan, penciptaan rekor yang dilakukan kali ini merupakan yang ke-5819.
"Dengan adanya pemecahan rekor ini diharapkan para seniman dan juga masyarakat lain bisa berlomba-lomba untuk meningkatkan kemampuannya yang unik untuk diketahui oleh masyarakat luas," katanya.
Ia mengatakan, untuk melukis dengan media Lumpur Lapindo di atas kanvas dengan jumlah seratus buah memang masih belum ada.
Dalam pemecahan rekor itu sendiri, Haris membutuhkan waktu sekitar dua sampai dengan empat menit untuk membuat satu lukisan. -sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment